Daftar Universitas di Swedia


Daftar universitas di Swedia berikut ini berdasarkan pada Ordonansi Pendidikan Tinggi 1993 (sebagaimana diubah sampai Januari 2006). Dengan sedikit pengecualian, semua pendidikan tinggi di Swedia didanai publik.
Sistem pendidikan tinggi Swedia membedakan antara universitet (bahasa Inggris: university) dan högskola (bahasa Inggris: university college). Universitas berorientasi pada penelitian dan dianugerahi gelar sarjana, master, dan doktor di semua bidang akademik, sedangkan högskolor biasanya lebih fokus pada ilmu terapan dan hanya memiliki hak terbatas dalam pemberian gelar doktor. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa Universitas masih menyebut diri mereka sebagai högskola di Swedia, terutama institusi khusus yang lebih lama dalam bidang teknik dan kedokteran (misalnya Royal Institute of Technology disebut "Kungliga Tekniska Högskolan"). Baik universitas maupun högskolor
menerjemahkan nama resmi mereka menjadi "university" dalam bahasa Inggris, dimana dalam kasus selanjutnya "university college" akan lebih benar.

Universitas negeri
Urutan di bawah ini berdasarkan tahun pendirian mereka sebagai sebuah universitas. Hanya Universitas Uppsala (perkiraan tahun 1477 dan Universitas Lund (perkiraan tahun 1666 yang benar-benar didirikan sebagai universitas, sedangkan semua universitas lainnya dibesarkan dari status Högskola (university college) ke status universitas setelah mereka didirikan.Terdapat sejumlah universitas yang dulunya di Swedia kini berada di negara lain dan tidak termasuk dalam daftar ini, misalnya Universitas Helsinki (1640, Finlandia), Universitas Tartu (1632, Estonia), dan Universitas Greifswald (1456, Jerman).